UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 GORONTALO UTARA

FELIKS S. IBRAHIM (231416035)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Hj. Resmiyati Yunus, M.Pd (0003126215)
Sutrisno Mohamad, S.Pd., M.Pd (0003126215)
Tanggal Upload
15-06-2023
Abstract

Feliks S. Ibrahim. Nim 231416035. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Gorontalo Utaraā€¯. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Univaersitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Ibu Dra. HJ Resmiyati Yunus, M.Pd selaku pembimbing I, dan Bapak Sutrisno Mohamad S.pd. M.Pd selaku pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk; Pertama, upaya meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran Sejarah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : Pertama, Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaan Tindakan dilaksanakan selama siklus. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; pembelajaran Sejarah dengan penggunaan model pembelajaran teams games tournament (TGT) di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 4 Gorontalo Utara tahun pelajaran 2022/2023 dapat dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil akhir dengan perolehan nilai motivasi belajar siswa meningkat dimana pada siklus I perolehan nilai motivasi belajar siswa rendah, sehingga banyak yang belum mencapai standar nilai ketuntasan. Setelah dilakukan percobaan pada siklus II; perolehan kriteria sangat tinggi ada 17 siswa (50%), perolehan kriteria tinggi ada 13 siswa (38%), perolehan kriteria rendah 3 siswa (9%), dan perolehan sangat rendah 1 siswa (3%). Kata Kunci : Motivasi, Belajar Siswa