DAMPAK PEMBELAJARAN LURING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 GORONTALO

ADELIA DAUMPUNG (221416035)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj.Zulaeha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Asmun W. Wantu, S.Pd.M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
21-06-2023
Abstract

Adelia Daumpang, 221416035, Pembimbing 1 Dr. Hj.Zulaeha Ngiu, M.Pd, Pembimbing 2 Asmun W. Wantu, S.Pd.M.Sc Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran luring terhadap disiplin belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Gorontalo serta Faktor yang menjadi kendala pembelajaran Luring terhadap disiplin belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Gorontalo dan Solusi atau upaya yang di lakukan guru dan sekolah untuk mengatasi kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran luring terhadap disiplin belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini mengambil 4 (empat) orang responden yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 3 orang guru. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunujukan bahwa dampak pembelajaran luring terhadap peserta didik yaitu banyak peserta didik yang terlambat masuk sekolah, peserta didik kurang fokus dalam pembelajaran, peserta didik yang tidak sering mengerjakan tugas yang diberikan guru serta sikap disiplin siswa di dalam kelas yang masih kurang. Hal ini terjadi karena faktor peserta didik sudah terbiasa dengan kondisi pembelajaran daring pada masa covid-19. Akan tetapi pihak sekolah sudah melakukan berbagai solusi atau upaya yaitu dengan selalu memberikan arahan dan pembimbingan kepada peserta didik serta selalu memberikan pengawasan pada saat proses pembelajaran, dengan cara membuat kartu kontrol dalam penyelasaian tugas yang diberikan guru. Kata Kunci : Dampak, Luring, Kendala, Solusi