PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK BERBASIS PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 12 KOTA GORONTALO

SRI MULYANI PATUTI (221420002)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Rasis Yunus, M.Pd (0024028401)
Yuli Adhani, S.Pd, M.Pd (0302078701)
Tanggal Upload
13-01-2024
Abstract

... Sri Mulyani Patuti, 221420002, 2024.Peningkatan Karakter Peserta Didik Berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila di SMPN 12 Kota Gorontaloâ?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rasid Yunus, S.Pd., M.Pd, Pemimbing II Yuli Adhani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menyimpangnya karakter peserta didik di SMPN 12 Kota Gorontalo, dimana karakter yang ditunjukkan oleh peserta didik berlawanan dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Dalam mewujudkan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai luhur Pancasila, kemendikbudristek menerbitkan program penguatan karakter yang disebut Projek Profil Pelajar Pancasila. Salah satu sekolah yang telah menerapkan projek profil di Kota Gorontalo adalah SMPN 12 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mengkaji urgensi projek profil pelajar pada peserta didik di SMPN 12 Kota Gorontalo, (2) mengetahui dan menganalisis implementasi projek profil pelajar pancasila dalam peningkatan karakter peserta didik di SMPN 12 Kota Gorontalo. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa urgensi projek profil pelajar pancasila di SMPN 12 Kota Gorontalo dipandang sebagai rumusan karakter dan kompetensi abad 21. Dengan adanya projek profil pelajar pancasila guru selaku pendidik lebih mengetahui kompetensi yang harus dikembangkan dan cara penerapannya terhadap peserta didik. Sedangkan pada implementasi projek profil pelajar pancasila, SMPN 12 Kota Gorontalo menerapkan tema kearifan lokal adat momeâ?™ati dan moluna yang didalam tema tersebut terdiri empat dimensi profil, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. Kata Kunci: Karakter, Peserta Didik, Projek Profil Pelajar Pancasila â??