Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat ban siswa kelas IV SD Negeri 3 Tilango. Hipotesis tindakan dalam penilitian tindakan kelas ini adalah jika penerapan permainan lompat ban pada murid kelas V SD Negeri 3 Tilango dilaksanakan maka kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dapat mengalami peningkatan. Hasil pembelajaran dari observasi awal, Siklus I, dan Siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh, yang mencakup empat aspek utama: teknik awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Diketahui rata-rata nila siswa pada observasi awal yakni 44,76 atau dalam kategori “Rendah”, rata-rata nilai siswa pada siklus I yakni 62,53 atau dalam kategori “Sedang”, serta rata-rata nilai siswa pada siklus II yakni 80,77 atau dalam kategori Ttinggi”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui dua siklus tindakan, dapat disimpulkan bahwa metode permainan lompat ban efektif dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV. Peningkatan terjadi pada keempat aspek utama lompat jauh, yaitu teknik awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Kata Kunci: Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Permainan Lompat Ban