PENGEMBANGAN STORYBOARD UNTUK PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SORONG

RAHMATULLAH BIN ARSYAD (702620006)
Disertasi
Pembimbing
Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd (0003066007)
Prof. Dr Nurhayati Abbas, M.Pd (0001116107)
()
Tanggal Upload
07-06-2023
Abstract

RAHMATULLAH BIN ARSYAD. 2023. Pengembangan Storyboard untuk Pembuatan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika di Universitas Muhammadiyah Sorong. Program Studi Ilmu Pendidikan. Promotor: Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd. Co-Promotor I: Prof. Dr. Nurhayati Abbas, M.Pd. Co-Promotor II: Prof. Dr. Evi P. Hulukati, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengembangan panduan Storyboard untuk pembuatan multimedia interaktif pada mata kuliah media pembelajaran matematika di Universitas Muhammadiyah Sorong. (2) Menghasilkan panduan Storyboard yang efektif untuk pembuatan multimedia interaktif pada mata kuliah media pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong Semester Genap Tahun akademik 2020/2021 dan Semester Ganjil Tahun akademik 2021/2022. Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 29 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling, dengan menggunakan pendekatan Research and Development model 4D dengan tahapan meliputi Define, Design, Develop & Disseminate. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa: (1) Desain panduan Storyboard yang dikembangkan pada tahap define, dimana diperoleh rancangan produk panduan Storyboard untuk pembuatan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika. (2) Kualitas model pembelajaran yang dihasilkan dapat dilihat dari tahap Design dan Develop, dimana dalam tahapan pengembangan panduan Storyboard untuk pembuatan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika berada pada kategori Sangat Layak berdasarkan hasil uji validasi oleh Ahli Bahasa, dan Ahli Materi sedangkan penilaian Ahli Konten berada pada kategori Layak dengan rata-rata penilaian validator berada pada kategori Sangat Layak. (3) Analisis pada angket didapatkan dengan memperhatikan keefektifan panduan storyboard yang meliputi: (a) kelayakan produk berada pada kategori sangat layak (b) penilaian produk storyboard dan multimedia interaktif yang dikembangkan menggunakan panduan storyboard berada pada kategori penalian A-. (c) Respons dosen dan mahasiswa berada pada kategori sangat positif, dan (d)Aspek keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan rata-rata persentase hasil berkategori sangat baik sehingga menggambarkan bahwa mahasiswa mampu menggunakan panduan storyboard untuk pembuatan storyboard dan multimedia interaktif. Hal ini kemudian menjelaskan bahwa panduan storyboard membantu mahasiswa untuk pembuatan multimedia interaktif pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika. Kata Kunci: Matematika, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Storyboard.