Rachmat Pakaya. 2024. Pengembangan Kompetensi Sosial Guru berbasis Civic Engagement di Kabupaten Pohuwato (studi kasus pada komunitas Polaris). Tesis. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pembimbing I: Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek bersikap berbasis civic engagement di komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato; (2) Pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun berbasis civic engagement di komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato; (3) Pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek beradaptasi ditempat tugas berbasis civic engagement di komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato; (4) Pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek berkomunikasi secara lisan dan tulisan berbasis civic engagement di komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru anggota komunitas belajar Polaris. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek bersikap berbasis civic engagement di Komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato dilaksanakan melalui bersikap inklusif, objektif dan tidak diskriminatif; (2) pengembangan kompetensi sosial guru pada aspek efektif, empatik, dan santun berbasis civic engagement di Komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato dilaksanakan melalui kegiatan berkomunikasi dengan sesama guru, berkomunikasi dengan tenaga kependidikan, berkomunikasi dengan orang tua, dan berkomunikasi dengan masyarakat; (3) pengembangan Kompetensi Sosial Guru pada Aspek Beradabtasi di Tempat Tugas Baru berbasis Civic Engagement di Komunitas Polaris Kabupaten Pohuwato dilaksanakan melalui menerima situasi dan perubahan pada tempat kerja baru baik lingkungan sekolah maupun perkembangan kurikulum dan teknologi; (4) Pengembangan Kompetensi Sosial Guru pada Aspek Berkomunikasi Secara Lisan dan Tulisan berbasis Civic Engagement pada Komunitas Polaris di Kabupaten Pohuwato yang dilaksanakan melalui berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri, dan berkomunikasi dengan profesi lain dalam peningkatan kompetensi sosialnya di komunitas Polaris Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Civic Engagement.