PENGELOLAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN COKROAMINOTO KOTAMOBAGU

RIFKI ALIF MOKOAGOW (131418010)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd (0005077604)
Sulkifly, S.E., M.Pd (0011129103)
Tanggal Upload
15-01-2024
Abstract

Rifki Alif Mokoagow. 2023. SKRIPSI “ Pengelolaan Model Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Menengah Kejuruan Cokroaminoto Kotamobagu”. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universita Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan model pembelajaran blended learning di SMK Cokroaminoto Kotamobagu meliputi: (1) perencanaan model pembelajaran blended learning di SMK Cokroaminoto Kotamobagu; (2) pelaksanaan model pembelajaran blended learning di SMK Cokroaminoto Kotamobagu; (3) evaluasi model pembelajaran blended learning di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan perarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : (1) perencanaan model pembelajaran Blended Learning meliputi daring, luring dan Blended. Perencanaan seperti perencanaan RPP daring, luring dan blended, berorintasi pada kebutuhan siswa dengan penggunaan media atau platform digital; (2) pelaksanaan model pembelajaran blended learning meliputi penggunaan platform digital, memfleksibilitas belajar dirumah dengan bimbingan guru, dan menyesuaikan pembelajaran seusai dengan karakteristik siswa; (3) evaluasi model pembelajaran blended learning menggunakan platform digital online, mencari solusi dalam dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang akan datang dan melakukan penilaian berbasis tugas dan ujian dengan memanfaatkan teknologi. Untuk itu disarankan : (1) kepala sekolah, diharapakan agar meningkatkan pembelajaran dengan menggunakan teknologi sebagai kualitas pembelajaran dimasa mendatang; (2) kepala guru diharapkan dapat membantu, mengontrol dan membekali setiap kinerja guru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran model pembelajaran blended learning; (3) peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini terutama pada aspek aspek yang kiranya belum dikaji olen peneliti