Arief Y. Botutihe, NIM 221419064 Skripsi “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dikelas IX Smp Negeri Lion” dengan Pembimbing (1) Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd Pembimbing (2) Asmun W. Wantu, S.Pd., M.Sc Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikelas IX Smp Negeri Lion. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Smp Negeri Lion pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa hasil siswa pada mata pelajaran PPKn dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray. Pada observasi awal untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari 30 orang yang termasuk dalam kategori ketuntasan hanya terdiri dari 8 orang siswa (26,7%) sedangkan selain dari itu, sekitar 22 orang siswa (73,3%) yang tidak termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada tindakan siklus I pertemuan ke-1 kriteria baik rata-rata 17 orang atau 59%. Kemudian dilanjutkan pada siklus 1 pertemuan ke-2 jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik yaitu 24 orang (82,2%) dari 30 orang siswa. Ternyata hasil yang diperoleh telah sesuai dengan indikator keberhasilan minimal terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu 24 orang atau 82,2%, dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika dalam pembelajaran Pkn guru menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray” maka hasil belajar siswa kelas IX Smp Negeri Lion akan meningkat” dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Peran, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray.