Yustiani Idrus. 2022. Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No. 55 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo dengan Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan pembimbing II Basri Amin, S. Sos., MA., PhD (ABD). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No.55 Kota Timur dan untuk mengetahui perubahan tingkah laku siswa setelah menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPS. Metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, data dikumpulkan dengan cara mengamati pembelajaran secara langsung di kelas untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 55 Kota Timur Kota Gorontalo. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya menunjukan bahwa melaui implementasi metode demonstrasi pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas V sudah baik hal ini dibuktikan dengan perubahan tingah laku siswa yang terjadi karena memanfaatkan penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran. Adapun perubahan tingkah laku yang dimaksud ialah perhatian siswa lebih terpusatkan pada pembelajaran; pembelajaran menjadi lebih jelas dan nyata; siswa belajar lebih terarah pada materi yang dipelajari; pembelajaran menjadi menarik sebab siswa tidak hanya mendengar tetapi juga melihat peristiwa yang sedang diajarkan guru. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, IPS.