Nurul Miftah Sugeha. 2024. Penggunaan Media Flipbook Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 2 Kabila Bone. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Rusmin Husain, S,Pd.,M.Pd.,MCE. Pembimbing II Dr. Wiwy T. Pulukadang, S,Pd.,M.Pd.,MCE Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media flipbook dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN 2 Kabila Bone dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan media pembelajaran flipbook siswa kelas III SDN 2 Kabila Bone. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Pada hasil observasi awal dari 17 siswa, yang mampu membaca sebanyak 4 siswa atau 23%. Pada siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 8 siswa atau 47%. Pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 12 siswa atau 71%. Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningakatan menjadi 15 siswa atau 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flipbook dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas III SDN 2 Kabila Bone. Kata Kunci : Membaca, Media flipbook