PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 KABUPATEN GORONTALO

ABDUL AZHIM DHAIFULLAH HARMAIN (221419063)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd (0009056707)
Asmun W Wantu, S.Pd, M.Sc (0012077803)
Tanggal Upload
22-12-2023
Abstract

Abdul Azhim Dhaifullah Harmain, 221419063, 2023. ‘’Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VIII Di MTS NEGERI 1 KABUPATEN GORONTALO’’, Skripsi: program studi Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd.,M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas VIII Di MTS NEGERI 1 KABUPATEN GORONTALO 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas VIII di MTS negeri 1 kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, kusioner, dokumentasi. Kemudian akan dianalisis dengan Langkah uji normalitas data, uji regresi, uji linieritas dan keberartian persamaan regresi linier, uji korelasi, hipotesis statistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap aktivitas belajar siswa pada amata pelajaran PKN kelas VIII di MTS negeri 1 kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian tersebut telah memperoleh hasil yang menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2) berdasarkan hasil penelitian yang ada maka dihasilkan nilai determinan (r^2) sebesar 66,8% hal inilah yang dapat menunjukan bahwa pentingnya penggunaan media LCD untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam meraih nilai yang memuaskan. Dengan demikian, hipotesis penelitian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan LCD dan aktivitas belajar Kata kunci : pengaruh penggunaan, Aktivitas Belajar, Media LCD