Game online sebagai salah satu jenis hiburan terbaru, serta yang menyediakan fitur-fitur baru yang jumlahnya beragam dan semakin murahnya koneksi internet membuat game online semakin menjamur di Indonesia terutama dikota-kota besar dan Sekolah dan universitas. Pengguna game online ini pun sudah merambah di berbagai kalangan usia, gender dan sosial ekonomi. Maraknya game online menyebabkan pemain/mahasiswa menjadi kecanduan terhadap permainan tersebut, hal ini menurut peneliti untuk meneliti tentang dampak game online terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Masyarakat. Metode penelitian digunakan deskriptif kualitatif yang dimana gambaran objek yag diteliti secara sistematis, baik itu mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta berbagai hal yang terkait dengan tema penelitian. Dari hasil penelitian terdapat Dampak positif yaitu dapat Menghilangkan Stress Game bisa menjadi pelarian yang menyenangkan setelah aktivitas berat mahasiswa di kampus Dampak Negative berupa mahasiswa kecanduan dan sering lupa waktu sehingga dapat mempengaruhi akademiknya. Kata kunci: Game online, motivasi belajar, mahasiswa