Yulistawati Mokambu, 2023: Efektivitas terpaan iklan promosi TV digital terhadap minat adopsi masyarakat Gorontalo. Terpaan iklan adalah proses di mana konsumen berinteraksi dengan komunikasi pemasaran. Sebuah iklan diekspos ketika diposting di suatu tempat yang dapat dilihat, didengar, atau dibaca oleh calon pelanggan. Adapun permasalahannya bagaimana efektivitas terpaan iklan promosi TV digital terhadap minat adopsi masyarakat Gorontalo. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas terpaan iklan promosi TV digital terhadap minat adopsi masyarakat Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga masyarakat kelurahan limba B kota selatan yang berjumlah 1450KK. Penarikan sampelnya menggunakan Teknik cluster random sampling, variable bebas terpaan iklan promosi TV digital dan variable terikat minat adopsi masyarakat, pengumpulan data menggunakan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas terpaan iklan promosi TV Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat adopsi TV Digital oleh masyarakat di Kota Gorontalo dengan perolehan nilai 100%. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat di Kota Gorontalo memiliki minat yang tinggi untuk menggunakan TV digital, dimana penggunaan TV digital ini dilakukan karena adanya iklan yang pasif yang dilakukan oleh pemerintah. Dengan analisis deskripsi efektifitas terpaan iklan promosi TV digital memiliki ketertarikan terhadap terpaan iklan promosi. Sementara deskripsi minat adopsi masyarakat memiliki keinginan untuk mengadopsi TV digital. Dengan demikian, masyarakat kota Gorontalo setuju dengan adanya efektifitas terpaan iklan promosi TV digital. Kata Kunci: Efektivitas, Terpaan Iklan, Minat Adopsi, TV Digital