STUDI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP MUTU PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK DILINGKUNGAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

ARDI J. SANGGU (221416017)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M.Pd (0009056707)
Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si (0014087603)
Tanggal Upload
21-06-2023
Abstract

Ardi J. Sanggu. Nim 221416017 skripsi “Studi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Akademik Di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo” dengan pembimbing (1) Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M.Pd, pembimbing (2) Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan dari penelitian yaitu, 1. Untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo ditinjau dari keandalan (Reabilty), ketanggapan (Responsivenness), keyakinan (Assurance) Empati (Emphaty), dan keberwujudan (Tangibles). 2. Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang menjadi subjek penelitian yaitu Mahasiswa, wakil Dekan 1, Bagian Penjamin Mutu Fakultas, Bagian Akademik Umum Fakultas Hasil dan pembahasan penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik atau semakin tinggi kualitas pelayanan akademik akan semakin tinggi pula kepuasan mahasiswa. Begitu juga sebaliknya semakin rendah kualitas layanan akademik maka semakin tinggi tingkat kepuasan mahasiswa tersebut. Kata Kunci : Kepuasan (Mahasiswa), Pelayanan, dan Administrasi Akademik