PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WORDPRESS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

SAENAB T. LASARI (421421017)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Supartin S. Pd., M. Pd (0012047605)
I Made Hermanto S. Pd., M. Pd (0009059404)
Tanggal Upload
12-11-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis WordPress terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI/4 Tahun Pelajaran 2024/2025 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan instrumen berupa lembar tes hasil belajar siswa, berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal yang diberikan kepada siswa yaitu tes awal (Pretest) dan tes akhir (posttest). Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis WordPress terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis WordPress terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan paired sample test dengan nilai kurang dari nilai atau -15,86 < 1,67. Sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka ditolak 1 diterima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar secara signifikan antara data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Kata kunci: Media pembelajaran Interaktif, WordPress, Hasil belajar, dan Gelombang Bunyi.