Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk mengembangkan model pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hafalan, tetapi membekali siswa dengan kemampuan memahami, menghubungkan, dan menerapkan materi dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran sejarah kontekstual pada siswa jurusan IPS di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sejarah kontekstual dilakukan melalui metode ceramah dan diskusi, dengan upaya guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman dan realitas sosial siswa. Namun, dalam praktiknya, penerapan model ini masih menghadapi berbagai kendala seperti kurangnya keaktifan siswa dalam diskusi dan kecenderungan siswa merasa bosan terhadap metode ceramah. Secara umum, pembelajaran kontekstual telah membantu meningkatkan kesadaran siswa terhadap relevansi sejarah dalam kehidupan mereka, meskipun penerapannya belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya inovasi dalam metode pembelajaran agar lebih menarik dan mampu menumbuhkan pemikiran kritis serta keterampilan praktis siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Sejarah, Pendidikan, Siswa IPS, SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai.