ANALISIS NARATIF PADA KONTEN EDUKASI KESEHATAN MENTAL DI KANAL YOUTUBE SATU PERSEN

ALYA AURELLIE WAHYU PAKAYA (291420057)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Noval Sufriyanto Talani, S.Sn, M.Ds, M.Si (0012117905)
Abdul Wahab Thomas, S.Sos.I. M.Sos. (0025039205)
Tanggal Upload
18-11-2025
Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya perhatian terhadap isu kesehatan mental di media digital, khususnya pada platform YouTube yang kini menjadi sarana populer dalam penyebaran edukasi psikologis. Kanal Satu Persen menjadi salah satu media edukasi yang aktif mengangkat tema pengembangan diri dan kesehatan mental dengan gaya penyampaian yang komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alur naratif dalam video berjudul “Cara Agar Tidak Menjadi Pemalu dan Tips Menjadi Percaya Diri” menggunakan teori struktur naratif Tzevetan Todorov yang dimodifikasi oleh Nick Lacey dan Gillespie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis naratif. Data diperoleh melalui observasi daring dan studi dokumentasi terhadap konten video, kemudian dianalisis berdasarkan lima tahapan struktur naratif: kondisi awal, gangguan, kesadaran gangguan, upaya memperbaiki, dan pemulihan keseimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur naratif Todorov dapat diterapkan secara konsisten pada konten video edukasi. Setiap tahapan alur naratif berperan dalam menyampaikan pesan edukatif mengenai cara mengatasi rasa malu dan membangun kepercayaan diri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan teori naratif dalam konten digital mampu memperkuat efektivitas penyampaian pesan edukasi kesehatan mental secara menarik, terarah, dan mudah dipahami oleh audiens. Kata kunci: Analisis Naratif, Tzevetan Todorov, Kesehatan Mental, YouTube, Satu Persen, Kepercayaan Diri