TIANSY UMAR. 2023. Analisis Model Mental Siswa SMA Negeri di Gorontalo Dalam Memahami Materi Reaksi Redoks. Skripsi program studi pendidikan kimia. Pembimbing I: Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model mental siswa SMA Negeri di Gorontalo dalam memahami materi reaksi redoks. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel berjumlah 182 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik two tier multiple choice, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mental siswa SMA Negeri 4 Gorontalo terbagi menjadi tiga dengan persentase yaitu model mental inisial (57 %), model mental sintetik (37 %) dan model mental saintifik (6 %), sedangkan persentase model mental siswa SMA Negeri 1 Bongomeme yaitu model mental inisial (59 %), model mental sintetik (33 %) dan model mental saintifik (8 %). Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa persentase model mental siswa tertinggi yaitu model mental inisial pada siswa SMA Negeri 1 Bongomeme dan model mental siswa terendah yaitu model mental saintifik pada siswa SMA Negeri 4 Gorontalo. Faktor-faktor penyebab terbentuknya model mental siswa antara lain penjelasan oleh guru, bahasa dan kata-kata, pengalaman hidup sehari-hari, lingkungan sosial dan hubungan sebab akibat atau intuisi. Keywords: model mental, reaksi redoks