SITI HARTIYANTI HADJU. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Metabolisme Sel untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi. Pembimbing I: Frida Maryati Yusuf, Pembimbing II: Hartono Mamu. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing pada materi metabolisme sel yang valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Dick & Carey, dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKPD dan instrumen tes berpikir kritis. Penelitian dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Gorontalo dan MAS Muhamadiyah Kabila dengan sampel peserta didik kelas XII Tahun Ajaran 2023-2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk yang dihasilkan berupa RPP, LKPD dan Instrumen Tes memenuhi kriteria sangat valid. Aspek kepraktisan keterlaksanaan kegiatan guru dalam proses pembelajaran memenuhi kriteria sangat baik, penilaian aktivitas peserta didik uji kelompok kecil, uji lapangan dan implementasi termasuk pada kriteria sangat praktis. Aspek keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik berada pada kategori sangat baik dan menunjukan adanya peningkatan nilai tes berpikir kritis. Hasil tes berpikir kritis pada uji kelompok kecil mengalami peningkatan sebesar 41?ngan nilai N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang). Pada uji lapangan di MAN Insan Cendekia Gorontalo mengalami peningkatan sebesar 32?ngan nilai N-Gain sebesar 0,54 (kategori sedang) dan di MA Muhammadiyah Kabila mengalami peningkatan sebesar 31?ngan nilai N-Gain 0,36 (kategori sedang). Pada implementasi di kelas XII IPA 2 MAN Insan Cendekia Gorontalo, rerata hasil tes berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 45?ngan nilai N-Gain sebesar 0,64 (kategori sedang) dan di kelas XII IPA 3 mengalami peningkatan sebesar 40?ngan nilai N-Gain 0,63 (kategori sedang). Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Inkuiri Terbimbing, Berpikir kritis