PEMBELAJARAN MONOLOG DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK NEGERI 1 BULANGO SELATAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

ALIFAH AULIA SHABRINA JUSUF (341419007)
Skripsi
Pembimbing
Dr. La Ode Karlan S.Pd,.M.Sn (0025098101)
Dr. Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd., M.Sn (0027017802)
Tanggal Upload
05-06-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Penerapan Pembelajaran Monolog dalam kegiatan Ekstrakurikuler sebagai upaya mengatasi lost learning, yang dialami siswa akibat pandemi COVID-19. Lost learning merupakan kondisi di mana siswa kehilangan kesempatan belajar secara optimal akibat gangguan pada proses pembelajaran tatap muka yang terjadi selama masa pandemi. Pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi sering kali tidak mampu mengakomodasi kebutuhan siswa yang berdifferentsiasi khususnya di Sekolah SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Karena hal ini peneliti tertarik melakukan penelitian disekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Role Playing, karena metode ini  Fleksibel, dan dapat mendorong siswa lebih aktif melalui simulasi peran yang mendekati Situasi Nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan instrument penilaian.  Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X, XI, XII yang aktif  mengikuti Ektrakurikuler Teater. Sampel penelitian ini berjumlah 15 orang, yang dibagi menjadi 3 Partisipan dan 12 sebagai pengamat (observer).   Hasil penelitian yaitu ; dari 3 orang partisipan sudah melakukan penampilan yang cukup variatif. Dan 12 oranag siswa sebagai pengamat, 8 mengamati dengan cermat dan 4 orang belum sungguh-sungguh dan perlu ditingkatkan lagi.   Kata kunci : Monolog, Lost Learning, Role Playing, Ekstrakurikuler