ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA GORONTALO

IRDA FENTRIANI SAPUTRI (411417020)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tedy Machmud, M.Pd (0025086907)
Taulia Damayanti, M.Pd (0011069102)
Tanggal Upload
02-09-2024
Abstract

Irda Fentriani Saputri. 41147020. 2024. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 11 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Dr. Tedy Machmud, M.Pd, (2) Taulia Damayani, M.Pd Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi bilangan bulat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo dengan melibatkan 28 peserta didik sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pemahaman konsep dan wawancara. Indikator yang digunakan untuk mengambarkan pemahaman konsep matematika siswa antara lain: (1) Mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (2) Memberikan contoh dari konsep, (3) Menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, (4) Mengaplikasikan konsep pemecahan masalah. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk memperdalam informasi mengenai pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan kategori tingi sebesar 18%, kategori sedang sebesar 68%, dan kategori rendah sebesar 14%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi operasi bilangan bulat tergolong sedang, yang ditunjukan dengan kemampuan peserta didik yang hanya memenuhi sebagian indikator pemahaman konsep matematika yang diukur. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Bilangan Bulat