RUSNIATI, 2023. Analisis Pemahaman Konsep Pergeseran Kesetimbangan Kimia Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, program studi pendidikan kimia, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, universitas negeri gorontalo, pembimbing I Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Haris Munandar, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep pergeseran kesetimbangan kimia mahasiswa jurusan kimia universitas negeri gorontalo. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa jurusan kimia universitas negeri gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 216 mahasiswa yang terdiri dari 109 mahasiswa program studi kimia dan 107 mahasiswa program studi pendidikan kimia. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Data penelitian yang diperoleh dari jawaban mahasiswa pada soal tes pilihan ganda. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban mahasiswa yang dikelompokkan kedalam kategori benar dan salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori benar (paham konsep) memiliki presentase sebesar 86,66 ?n salah (tidak paham konsep) diperoleh presentase sebesar 13,33 %. Kata Kunci: Pergeseran Kesetimbangan Kimia, Pemahaman konsep, Pendidikan Kimia