Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa E-modul pembelajaran yakni E-modul berbasis kearifan lokal. Kemudian dilakukan uji validasi untuk mengetahui kelayakan dan kualitas e-modul berbasis kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari liha tahapan yaitu analisis, perancangan, pengemabangan, penerapan dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi atau pengamatan, dan kuesioner (angket). Hasil uji validasi memperoleh rata-rata 3.62 diinterprestasikan kedalam kategori valid atau layak. Responden peserta didik terhadap e-modul memperoleh hasil presentase sebesar 86.11?ngan kategori sangat baik. Serta pencapaian presentase pada aktivitas peserta didik sebesar 84.5?ngan kategori baik. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis kearifan lokal telah memenuhi kriteria valid, praktis, efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA disekoah.