Mohamad Rizal Adam. Strategi Pengembangan Usaha Teh Daun Sirsak Sadaputea Pada UKM Mafahim Gorontalo Desa Helumo Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Mahludin H. Baruadi dan Supriyo Imran. Penelitian ini Bertujuan Untuk : 1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang ada dalam menjalankan usaha dan 2) Merumuskan strategi alternatif dalam pengembangan usaha Teh Daun Sirsak Sadaputea Pada UKM Mafahim Gorontalo Desa Helumo Kecamatan Mootilango Kabupten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode survei, dengan jenis data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT melalui beberapa tahapan yaitu pembobotan menggunakan tabel EFAS dan IFAS. Hasil Penelitian yaitu 1) Aspek-aspek yang ada dalam lingkungan internal antara lain: (a) bahan baku mudah diperoleh, b) harga yang cukup terjangkau, c) daya tahan produk, d) proses produksi, dan 2) Aspek lingkungan eksternal yaitu ; a) perkembangan teknologi, b) dukungan pemerintah, c) masuknya produk sejenis yang lebih murah, d) ancaman pendatang baru yang membuat produk sama. Posisi Usaha Teh Daun sirsak Sadaputea UKM Mafahim Gorontalo berada pada Kuadran I (Agresif), sehingga strategi yang paling utama dapat diterapkan adalah Strategi SO yaitu Menjaga kestabilan harga dan meningkatkat kualitas produk sehingga memberikan rasa puas kepada konsumen. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, UKM, SWOT