PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA ANAK BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITER PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 3 DUHIADAA KABUPATEN POHUWATO

ITIN YANJO (704522003)
Tesis
Pembimbing
Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd (0018095706)
Dr. Pupung Puspa Ardini, S.Pd,M.Pd,MCE (0010118302)
Tanggal Upload
08-05-2024
Abstract

Ithin Yanjo,2024.Pengembangan Media Buku Cerita Anak Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 3 Duhiyadaa Kabupaten Pohuwato.Pendidikan Dasar Pascasarjan UniversitasNegeri Gorontalo.Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, Pembimbing IIDr Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd. Penelitian pengembangan media buku cerita anak berbasis canvaini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswakelas 1 SekolahDasar.MetodepenelitianyangdigunakanadalahResearchanfDevelopment(R &D)danmenggunakanmodelpengembanganADDIEyangterdiridariLima tahapan yaitu 1) Analysis2) Design 3) Development4) Implemention, 5) Evalutions., kondisi awal objektif pembelajaran berjalan dengan sangat baik dengan menggunakan media dan pengembagangan media menggunakan aplikasi Canva. Kavalidan produkdilakukan oleh ahli dengan lembar validasi ahli. Kepraktisan produk diuji cobakan ke gurudan keefektifan di uji cobakan ke siswa berjumlah 31orang siswadan dilanjutkan dengan membagikan angket dengan tujuan untukmelihatresponsiswaterhadapmedia.Penelitianmenggunakaninstrumentpengu mpulandataangket,wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisisdatadalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik data kualitatif dan kuantitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas pengembangan produk buku cerita anak berbasis canvadalam meningkatkan kemmapuan literasi siswa kelas 1 Sekolah Dasar menurut ahli desain memperoleh hasil 91.65%, ahlimedia memperoleh hasil 94%serta ahli Bahasa memperoleh hasil 93,33?ntermasukdalamkategorisangatvalid.Hasil kepraktisan media dari guru sebesar 80% yang dinyatakan sangat praktis.Dan hasilpenelitianujicobake 31 siswa dengan skor 90% kategorisangat efektif. Hasilpre-test dari 31 orang siswa terhadap peningkatan kemampuan literasi memperoleh hasilrata-rata 29?n hasil post-test memperoleh hasil rata-rata 90,51%.Berdasarkan hasilpenelitian tersebut dapat disimpulkan bahwamedia buku cerita anak berbasis canvadapat meningkatkan kempuan literasi siswa kelas 1 sekolahdasar danlayak untuk digunakandalamprosespembelajaran. Kata kunci:Media Interaktif, Canva, Literas