Nurcahyani Harun. 2023. Efektivitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kabila. Skripsi , Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Arifin Suking S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) efektivitas pengembangan diri pada guru sekolah dasar di kecamatan kabila(2) efekivitas pengembangan karya inovatif guru sekolah dasar di kecamatan kabila (3) efektivitas pengembangan publikasi ilmiah guru sekolah dasar di kecamatan kabila. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif ekspalanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan formulasi presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan diri pada guru sekolah dasar berada pada kategori efektif, (2) pengembangan Karya Inovatif sekolah dasar berada pada kategori efektif, dan (3) pengembangan publikasi ilmiah guru sekolah dasar berada pada kategori tidak efektif. Untuk itu disarankan: (1) kepala sekolah diharapkan dapat memberikan ruang kepada guru-guru seperti pelatihan dalam sekolah unutk mengmbangkan efektifitas pengembangan keprofesian guru. (2) guru diharapkan untuk mau ikutserta dalam pelatihan yang diadakan dinas pendidikan ataupun instansi lain yang berkaitan dengan pengambangan keprofesian serta mau mengembangkan dirinya berdasarkan kompetensi yang dimilikinya. (3) peneliti lainnya diharapkan dapat memperdalam kembali penelitian ini sesuai pada aspek yang belum dikaji oleh peneliti. Kata Kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan