Nur Wahyu Utami Dao. 411418083. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tapa. SKRIPSI. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Sarson W. Pomalato, M.Pd (2) Novianita Achmad, S.Si, M.Si Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tapa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu Posttest-Only Control Design. Penelitian eksperimen ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelompok eksperimen diberi perlakuan model Flipped Classroom sedangkan untuk kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian serta pengolahan data diperoleh bahwa pembelajaran dengan model Flipped Classroom mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dimana dilihat dari perolehan data yaitu dari analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Flipped Classroom lebih tinggi 35 yaitu daripada dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung sebesar 28,95. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel didapat bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena memenuhi kriteria pengujian thitung > ttabel atau 2,65 > 1,67. Sehingga ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata Kunci: Model Flipped Classroom, Pemecahan Masalah.