MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOMIK SEDERHANA DI KELAS 4 SD NEGERI 1 KABILA BONE

MUPIA PAULU (151420108)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd., MCE. (0006038004)
Hendrayanto, M.Pd. (0017089008)
Tanggal Upload
10-10-2024
Abstract

Mupia Paulu, 2024. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Model Project Based Learning Pada Materi Komik Sederhana Di Kelas 4 SD Negeri 1 Kabila Bone”. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo . Dengan Pembimbing I Dr. Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Hendrayanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model project based learning pada materi komik sederhana mata pelajaran seni rupa dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas 4 SD Negeri 1 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kreatvitas siwa dan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah (Monolog). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kreativitas siswa menggunakan model project based learning pada pelajaran seni rupa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 18 orang dengan klasifikasi 6 orang lakilaki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi kreativitas siswa serta kemampuan siswa dalam membuat karya mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada Siklus I Presentase Kreativitas siswa kelas 4 SDN 1 Kabila Bone diperoleh 51?ngan Kategori Cukup.Kemudian Hasil Produk Karya Siswa Bentuk Gambar memperoleh 47?ngan kategori Cukup. Pada pelaksanaan Siklus II dimana Perolehan Persentasi Kreativitas siswa meningkat menjadi 85?n Produk Karya Siswa meningkat menjadi 82%. Dari perolehan skor yang ada, maka penelitian ini terdiri dari 2 siklus dikarenakan pada siklus II telah mencapai Indikator Pencapaian kreativitas siswa yaitu 75%. Kata Kunci : Kreativitas, Project, Learning, Komik Sederhana