PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN ASSEMBLR EDU PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI SMA

FATMA TAHIR (441420022)
Skripsi
Pembimbing
Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. (0027036306)
Dr. Masrid Pikoli, S.Pd., M.Pd. (0014087301)
Tanggal Upload
30-06-2025
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran kimia berbasis Augmented reality (AR) menggunakan Assemblr Edu pada materi hidrokarbon. Proses pengembangan media dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Four D). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kevalidan media yaitu lembar validasi media, kepraktisan menggunakan angket respon peserta didik dan respon guru, dan keefektifan melalui uji coba produk. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat kevalidan media dengan nilai 96.39% kategori valid, kepraktisan media berdasarkan angket respon peserta didik dan respon guru, masing-masing sebesar 91?n 95% kategori sangat baik, dan keefektifan media berdasarkan hasil uji coba dengan nilai N-gain 0.70 dengan kategori tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Assemblr Edu, Hidrokarbon