PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PANCASILA DI SD MUHAMMADIYAH 3 LIMBOTO, KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

DAUD MANIM (151417222)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Candra Cuga, S. Pd., M.Pd (0902108601)
Muhammad Sarlin, S.Pd.,M. Pd (1986090120)
Tanggal Upload
29-08-2023
Abstract

ABSTRAK Daud Manim 2022. Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran pancasila di sekolah dasar SD Muhammadiyah 3 limboto. Skripsi Jurusan Pendididikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Candra Juga, S,Pd., M,Pd dan Pembimbing 2 Muhammad Sarlin, S.Pd., M. Pd Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran pancasila di sekolah dasar SD Muhammadiyah 3 limboto. Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripsi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran pancasila di sekolah dasar SD Muhammadiyah 3 limboto. sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan guru sudah menjalankan peran guru dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru dalam meningkatkan pembelajaran pancasila di sekolah dasar Sd Muhammadiyah 3 limboto. berbasis sekolah dan kelas berjalan efektif. Pertama, meningkatkan pembelajaran pancasila berbasis sekolah dalam penerapannya berupa program Gerakan pancasila berbasis brand sekolah yaitu bilingual, religius dan ICT (BRI) yang memadukan antara Bahasa inggris, arab dan Bahasa Gorontalo sebagai program sekolah agar siswa dapat menguasai beberapa Bahasa. Kedua, meningkatkan pembelajaran pancasila di sekolah dasar Sd Muhammadiyah 3 limboto berbasis kelas dilakukan melalui penerapan pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik, dilihat dari aspek perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus pembelajaran yang dikaitkan dengan nilai-nilai pembelajaran pancasila dan terdapat pula PKn (penguatan pendidikan karakter) yang tercantum dalam perangkat pembelajaran. Program pembelajaran pancasila di sekolah yang paling menonjol yaitu pembelajaran pancasila, meningkatkan indikator dan meningkatkan budaya dan kewargaan Negara Indonesia sebagai upaya mengembangkan minat dan bakat peserta didik. Guru dalam proses pembelajaran menggunakan metode yang disesuaikan dengan materi pembelajaran pancasila. Hal ini dilakukan untuk membentuk sikap positif dalam melakukan pembelajaran pancasila di sekolah dasar sehingga dapat menjadi pembiasaan yang baik bagi peserta didik di sd Muhammadiyah 3 limboto. Kata Kunci: Peran Guru dalam meningkatkan pembelajaran pancasila