Meisran Putri M. Demo, 2023. Upaya Meningkatkan Cara Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Debat pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Paguyaman. Skripsi Jurusan S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Helman Manay, S. Pd., M. Hum selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa melalui metode debat pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus dengan beberapa tahapan seperti tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Tetapi tidak lupa juga untuk dilakukan tahap pra-siklus yakni tahap sebelum dilaksankannya siklus pertama. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Paguyaman dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa metode debat dapat meningkatkan cara berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Paguyaman. Dilihat dari hasil pra-siklus melalui pelaksanaan kelas diskusi terdapat 3 orang siswa (12%) yang berpikir kritis, 6 orang siswa (24%) kurang berpikir kritis dan 16 orang siswa (64%) yang belum berpikir kritis. Kemudian pada siklus I melalui pelaksanaan metode debat terdapat 19 siswa (76%) yang berpikir kritis dan 6 orang siswa (24%) masih kurang berpikir kritis. Dari peningkatan hasil berpikir kritis siswa tersebut maka tindakan ini dicukupkan sampai pada siklus I dan metode debat dinyatakan dapat meningkatkan cara berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Paguyaman. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Sejarah