PENGARUH KOMPETENSI GURU, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

ABDUL MANAF N. DJAFAR (713521006)
Tesis
Pembimbing
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si (19581220 198603 1 001)
Dr. RADIA HAFID, M.Si (19710425 200502 2 0021)
Tanggal Upload
17-05-2023
Abstract

ABSTRACT Abdul Manaf N. Djafar. 2023. The Influence of Teacher Competence, Learning Motivation, and Family Environment on Student Learning Outcomes in Integrated Social Sciences Subjects Class VIII at State Junior High Schools in Limboto District, Gorontalo Regency. Thesis Bachelo�s Degres Program In S2 Economic Education, Pascasarjana, Gorontalo State University, The Principal supervisor is Mr Dr. Drs. Abd. Rahman Pakaya, M.Si and the co-surpervisor is Mrs Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si This study aims to determine how much influence Teacher competence, learning motivation and family environment have on results in Integrated Social Sciences Subjects for class VIII at State Junior High Schools in Limboto District, Gorontalo Regency. This study uses a quantitative approach with the Multiple Regression method. The research data was obtained by distributing questionnaires to 85 student samples. So that the research data comes from primary sources. The results of this study indicate that teacher competence has a positive and significant effect on student learning outcomes in the social studies subject where the count is 2,311 > t-table 1.664 and the effective contribution (R2) is 0.185 or 18.5% with probability (p t-table of 1.664 and an effective contribution (R2) of 0.369 or 36.9% with probability (p t-table of 1.664 and an effective contribution (R2) of 0.408 or 40.8% with probability (p Ftable 2.484 Keywords: Teacher Competence, Learning Motivation, Family Environment, and Student Learning Outcomes ABSTRAK Abdul Manaf N. Djafar. 2023. Pengaruh Kompetensi Guru,Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo, Dibawah bimbingan Bapak Dr. Drs. Abd. Rahman Pakaya, M.Si dan Ibu Dr. Radia Hafid, S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru,motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri Se-Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Data penelitian ini bersumber data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada 85 sampel siswa sebagai sampel responden. Hasil Model regresi pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar adalah Ŷ = 51.579 + 0,113. Model regresi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah Ŷ = 51.579 + 0,185. Model regresi pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar adalah Ŷ = 51.579 + 0,211. Sehingga jika di formulasikan menjadi Ŷ = 348.392 + 0,113 + 0,185 + 0,211. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dimana nilai t-hitung 2.311 > t-tabel 1,664 dan kontribusi efektif (R 2 ) sebesar 0,185 atau 18,5?ngan probabilitas (p t-tabel 1,664 dan kontribusi efektif (R 2 ) sebesar 0,369 atau 36,9?ngan probabilitas (p t-tabel 1,664 dan kontribusi efektif (R 2 ) sebesar 0,408 atau 40,8?ngan probabilitas (p Ftabel 2,484. Dengan demikian hipotesis peneliti teruji kebenarannya dan dapat diterima Kata Kunci : Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Hasil Belajar Siswa