EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERPENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR

INDRA IGIRISA (441419015)
Skripsi
Pembimbing
Prof.Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd., M.M (0024116903)
Ahmad Kadir Kilo, S.Pd., M.Si (0024029101)
Tanggal Upload
12-12-2023
Abstract

INDRA IGIRISA. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berpendekatan STEM Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1: Prof. Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd., M.M dan Co-Pembimbing 2 Ahmad Kadir Kilo, S.Pd., M.Si Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas model pembelajaran inquiry terbimbing berpendekatan STEM dalam meningkatan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek 88 siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA N 1 Telaga Biru. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data angket kemandirian belajar dan tes penguasaan konsep. Hasil analisis penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata pretest pada masing-masing kelas XI IPA yaitu sebesar 18,04, 18,07 dan 18,04 sedangkan hasil posttest yaitu sebesar 72,03, 73,32 dan 62,75.Hasil analisis kemandirian belajar diperoleh nilai rata-rata pretest pada masing-masing kelas XI IPA yaitu sebesar 52,25, 47,94 dan 56,63 sedangkan hasil posttest yaitu sebesar 79,71, 74,20 dan 79,75. Hipotesis diuji menggunakan uji (t-Test: Paired Two Sample for Means). Dari data anilisis menunjukkan: 1) Diperoleh P(T<=t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya model pembelajaran inquiry terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep; 2) Diperoleh P(T<=t) two-tail sebesar 0,000 pada taraf signifikan 0,05 artinya model pembelajaran inquiry terbimbing efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar Kata kunci : Inquiry Terbimbing, STEM, Penguasaan Konsep, Kemandirian Belajar, Larutan Penyangga.