Tasya Billa. 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terintegrasi Nilai-nilai Huyula untuk Melatihkan Psikomotor Peserta Didik pada Konsep IPA. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Nancy Katili, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terintegrasi Nilai-nilai Huyula yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan psikomotor peserta didik pada konsep IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: RPP, LKPD, bahan ajar dan instrumen penilaian psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi keseluruhan perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan sedikit revisi, 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh melalui persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang terdiri dari tiga kali pertemuan mencapai 94,44?ngan kriteria sangat baik serta persentase rata-rata respon peserta didik menunjukkan mayoritas 97,17% memberikan respon positif, dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh melalui persentase rata-rata aktivitas peserta didik selama tiga kali pertemuan mencapai 84,95?ngan kriteria baik, serta hasil belajar psikomotor peserta didik memperoleh nilai rata-rata 88,10 dan pengujian hipotesis dengan uji t satu sampel diperoleh thitung (9,45) ≥ ttabel (2,09) diperoleh dengan taraf kepercayaan α = 0.05 dalam hal ini H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan efektif terhadap hasil belajar psikomotorik peserta didik paling rendah sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terintegrasi Nilai-nilai Huyula telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan psikomotor peserta didik pada konsep IPA.