ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KOTA GORONTALO

MAIMUN HASYIM (911420065)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Roy Hasiru, S.Pd., M.Pd (0002027104)
Agil Bahsoan, S.Ag., M.Ag (0022117603)
Tanggal Upload
19-05-2024
Abstract

Maimun Hasyim. NIM. 911420065. 2024. “ Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo”. Program Studi SI Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Bapak Dr. Roy Hasiru S.Pd., M.Pd dan Dosen Pembimbing II Bapak Agil Bahsoan S,Ag., M.Ag Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan oleh guru IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo yaitu melaksanakan pembelajaran yang menarik, penggunaan teknologi, pemberian reward, atau penghargaan bagi siswa, dan penggunaan metode pembelajaran yang menarik. Dengan adanya strategi guru IPS di kelas VIII dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Adapun beberapa faktor yang dapat mendorong siswa untuk termotivasi belajar adalah dengan mengkaitkan keterlibatan orang tua dan hubungan antar guru dan siswa. Dengan adanya kedua faktor tersebut dapat membangun rasa nyaman, kepercayaan orang tua terhadap aktivitas anak di sekolah maupun di rumah dan komunikasi yang baik antar guru, orang tua ataupun siswa terjalin dengan baik. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Siswa