RASID YUNUS 2023. Konstruksi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus pada Masyarakat Suku Bajo di Torosiaje Kabupaten Pohuwato). Program Studi Pendidikan. Promotor Prof. Dr. Rauf A. Hatu, M.Si. Co-Promotor I: Prof. Dr. Novianty Djafri, S.Pd.I.,M.Pd.I. Co-Promotor II: Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis: (1) Aktivitas masyarakat dalam melaksanakan nilai-nilai kearifan lokal Suku Bajo di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato; (2) Proses konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter pada masyarakat berbasis kearifan lokal di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato; (3) Peran tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter di masyarakat berbasis kearifan lokal Suku Bajo di Torosiaje Kabupaten Pohuwato; (4) Peran pemerintah Desa Torosiaje dan pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter pada masyarakat berbasis kearifan lokal Suku Bajo di Torosiaje Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil temuan dari informan kunci dapat disimpulkan: (1) Masyarakat Suku Bajo mengandalkan pengetahuan kearifan lokal dalam aktivitas melaut, perkawinan, pengobatan, gotomg royong, melaksanakan upacara Masoro (tolak bala), dan ada kebutuhan masyarakat yang mengancam identitas; (2) Proses konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter pada masyarakat berbasis kearifan lokal Suku Bajo di Torosiaje nampak pada pengembangan sumber daya manusia terutama dalam pewarisan kearifan lokal, kerjasama antara pemerintah desa, BPD, tokoh adat, tokoh masyarakat, Yayasan Suku Bajo Indonesia (YASBI) Pohuwato, melalui keteladanan, dan melalui event hari-hari besar islam; (3) Peran tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam proses konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter pada masyarakat berbasis kearifan lokal Suku Bajo di Torosiaje nampak pada para tokoh sebagai panutan; (4) Peran pemerintah Desa Torosiaje dan pemeruntah Kabupaten Pohuwato dalam proses konstruksi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Suku Bajo di Torosiaje nampak pada pengembangan budaya materil seperti pengadaan wisata terapung, home stay, PDAM, listrik, speed boat, BRI link, dan sarang walet,. Sedangkan pengembangan budaya imateril seperti kerjasama dengan SMK Kelautan, mengusulkan Torosiaje sebagai desa adat, seminar dan workshop tentang adat Torosiaje. Kata Kunci: Konstruksi, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Suku Bajo Torosiaje