SUKMAWATI A. SINA. 2023. Pengembangan Website Sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Kalor dan Perpindahannya di Kelas VII SMP Negeri 1 Boliyohuto. Program Studi Pendidikan Fisika. Pembimbing I: Dr. Ritin Uloli, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Tirtawaty Abdjul, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan website sebagai media pembelajaran yang berkualitas dengan 3 aspek yaitu (1) valid, (2) praktis dan (3) efektif di kelas VII SMP Negeri 1 Boliyohuto. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode ADDIE. Prosedur pengembangan meliputi tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Pengumpulan data yang digunakan untuk validitas ditunjukkan melalui lembar validasi oleh validator, kepraktisan ditunjukkan melalui keterlaksanan pembelajaran dan respon siswa, dan keefektifan ditunjukkan melalui aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis validitas menggunakan analisis data hasil validasi, analisis kepraktisan menggunakan data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan data hasil angket respon siswa, serta analisis keefektifan menggunakan analisis hasil observasi aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa website sebagai media pembelajaran telah memenuhi kriteria kualitas yang meliputi 3 aspek sebagai berikut: (1) validitas media pembelajaran memperoleh rata-rata persentase kelayakan yaitu 83,33 ?ngan kriteria “Valid” untuk aspek materi dan media, (2) kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 94,44?ngan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap media pembelajaran website Rata-rata persentase memperoleh 79,6?ngan kriteria baik, (3) keefektifan media pembelajaran diperoleh dari observasi aktivitas siswa dan penilaian hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 81,78?ngan kategori sangat baik. Selain itu diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pre test yaitu 60,26 sedangkan pada post test yaitu 78,76. Setelah diperoleh rata-rata hasil pre test dan post test dilakukan analisis indeks gain, maka diperoleh gain sebesar 0,46 berkriteria sedang. Kata kunci: validitas, kepraktisan, keefektifan, website, media pembelajaran