IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEEHNIQUE (VCT) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA TEMA 9 SUBTEMA 2 DI KELAS V SDN 14 KABILA

YUDHA ARYANTO (151419143)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd (0025128202)
Dr. Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd (0007058107)
Tanggal Upload
18-08-2023
Abstract

YUDHA ARYANTO, 2023. Implementasi model pembelajaran value clarification teehnique (VCT) dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA tema 9 subtema 2 di kelas V SDN 14 kabila. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Gamar Abdullah, S.Si., M.Pd dan pembimbing II Dr. Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah Dengan diterapkannya Model Pembelajaran Value Clarification Teehnique (VCT) Dapat Meningkatkan Kreativitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 9 subtema 2 Di Kelas V SDN 14 Kabila?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kreativitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Di kelas V SDN 14 Kabila. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 orang siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian siklus I yaitu ada sebanyak 6 orang siswa dengan presentase 60% yang tuntas dan 4 orang siswa dengan presentase 40% tidak tuntas. Setelah dilanjutkan ke siklus II ternyata mengalami peningkatan yaitu sebanyak 9 siswa dengan presentase 90% yang tuntas, dan 1 siswa dengan presentase 10% yang tidak tuntas. Hasil pada siklus II sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran value clarification teehnique (VCT) maka kreativitas belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA di kelas V SDN 14 V Kabila akan meningkat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Value Clarification Teehnique, Kreativitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)