PEMBELAJARAN MUSIK IRINGAN TIDI LO POLOPALO MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAGUYAMAN PANTAI

RIKAL THALIB (341416015)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd., M.Sn (0027017802)
Rahmawati Ohi, S.Pd., M.Sn (0027017802)
Tanggal Upload
18-06-2023
Abstract

Rikal Thalib, 2016. Pembelajaran Musik Iringan Tidi Lo Polopalo Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1). Dr. Mimy Astuty Pulukadang S.Pd.,M.Sn. Pembimbing 2). Rahmawati Ohi, S.Pd.,M.Sn. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran seni budaya yang ada di SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai khususnya pada materi seni musik tradisional. Dalam hal ini pada proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi peserta didik diharapkan mampu memainkan musik tradisional dan dipresentasikan langsung oleh peserta didik tersebut. Mengacu pada observasi yang dilakukan pada proses pembelajaran faktanya siswa belum mampu memahami dan membaca notasi secara keseluruhan seperti halnya membaca nilai notasi balok dan notasi simbol sehingga mengakibatkan siswa dalam memainkan musik iringan Tidi Lo Polopalo belum berjalan dengan maksimal. Dalam pembelajaran Musik Iringan Tidi Lo Polopalo melalui metode Drill merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode Drill pada pembelajaran musik tradisi di kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Pantai. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Musik Tradisional, Musik Iringan Tari, Metode Drill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap penerapan metode Drill yang sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan pola tabuhan 3 pada alat musik rabana Gorontalo secara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan pola ritme yang menjadi tugasnya, dari setiap siswa sangat penting dalam memupuk kerjasama antar siswa, baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswa yang secara individu. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaituberdasarkan penilaian individu dengan tiga indikator penilaian, siswa yang mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ berjumlah tiga orang dan tiga orang siswa mendapat nilai ‘Baik (B). Selanjutnya berdasarkan penilaian secara kelompok, dari tiga kelompok, satu kelompok mendapat nilai ‘Sangat Baik (SB)’ dan dua kelompok mendapat nilai ‘Baik (B)’. Kata kunci : Pembelajaran, Musik Iringan Tari, Rebana Gorontalo, Drill.