YUNISAR H. BAHARUDDIN BACO, 2023. Kreativitas Guru Dalam Mengenalkan Pancasila Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Bolobungkang Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing l Dr. Pupung Puspa Ardini, M.Pd, dan pembimbing ll Sri Wahyuningsi Laiya, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas guru dalam mengenalkan pancasila pada anak usia dini di “TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Bolobungkang Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan TK Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Bolobungkang Kecamatan Lobu Kabupaten Banggai. Objek penelitian ini yaitu kreativitas guru dalam mengenalkan pancasila. Indikator kreativitas guru dalam mengenalkan pancasila dilihat dari indikator: ide kreatif guru, kegiatan pembelajaran inivatif, membuat media pembelajaran edukatif, strategi pembelajaran kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengenalkan pancasila guru menggunakan media inovatif mulai dari alat peraga penerapan pancasila dalam kehidupan sehari-hari menggunakan alat peraga pancasila, media puzzle pancasila, mewarnai gambar pancasila maupun menyanyikan lagu-lagu nasional. Strategi yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan nilai sila kesatu diajarkan melalui kegiatan keagamaan. Strategi dalam mengenalkan sila kedua diajarkan oleh guru dengan membiasakan anak untuk peka dan memiliki empati pada temannya. Strategi dalam mengenalkan sila ketiga diajarkan guru dengan menghormati dan menghargai setiap perbedaan. Strategi dalam mengenalkan sila keempat diajarkan guru dengan berdiskusi dan meminta pendapat mereka dapam memilih permainan yang mereka inginkan. Strategi dalam mengenalkan sila kelima diajarkan melalui membiasakan anak budaya antri serta mengarahkan anak untuk tidak mengganggu hak-hak temannya. Kata kunci: Kreativitas guru, Pancasila, anak usia dini