Ayu Kartika Mohamad.2024. Deskripsi Kemampuan Berpikir Konservasi Anak Kelas Awal Di SD LAB UNG. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Icam Sutisna, S. Pd., M. Pd dan Pembimbing (II) Nunung Suryana Jamin, SE., M. Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir konservasi anak kelas awal di SD LAB UNG Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pembahasan tentang kemampuan berpikir konservasi pada anak. Subjek penelitian ini ada 2 orang guru dan 20 siswa yang berada dalam satu kelas yang sama. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti yaitu dimana masih terdapat anak yang belum memahami tentang konservasi. Pada konservasi jumlah yang dimana masih terdapat anak yang belum dapat menyebutkan urutan bilangan 1-10, dan anak belum mampu membedakan 6-9 misalnya pada saat anak menghitung banyak jumlah koin, 1,2,3,4, anak langsung menyebutkan 7 tanpa menyebutkan angka yang sesuai urutan bilangan, kemudian pada konservasi panjang salah satunya anak belum mampu membedakan konsep panjang pendek pada jumlah koin, misalnya peneliti meletakan koin dengan jumlah yang sama namun dengan jarak yang berbeda, dan guru memberikan pertanyan kepada anak kemudian anak memberikan jawaban bahwa koin yang panjang jumlahnya lebih banyak, dan pada konservasi padat terdapat anak belum mampu membedakan berat ringannya koin pada wadah yang berbeda, misalnya peneliti mengisi koin pada wadah yang berbeda yang dimana wadah kesatu kecil dan wadah kedua ukurannya lebih besar akan tetapi diisi dengan jumlah koin yang sama namun anak tetap mengatakan bahwa jumlah koin yang terdapat pada wadah yang kecil lebih ringan ketimbang pada wadah besar. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, Konservasi Anak