Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah keterampilan menulis teks ulasan sebelum diterapkannya metode pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025? Bagaimanakah keterampilan menulis teks ulasan setelah diterapkannya metode pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025? Bagaimanakah pengaruh penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025? Apa sajakah hambatan-hambatan yang muncul dalam menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelajaran Project Based Learning pada peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025, serta mendeskripsikan hambatan yang muncul dalam penggunaan metode pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu desain one grup pre-test dan post-test. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes awal dan tes akhir, kemudian dianalisis dengan uji t-test dan hasil perhitungan diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 27 dengan nilai signifikan 0.005. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata dari peserta didik sebelum diterapkan metode pembelajaran Project Based Learning adalah 52.5, sedangkan skor rata-rata dari peserta didik setelah diterapkan metode pembelajaran Project Based Learning adalah 89.9, diperoleh sig (2-tailed) < 0.005 atau 0.001 < 0.005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil angket penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan metode Project Based Learning mencakup berbagai aspek, dengan dominasi pada kategori tinggi hingga sangat tinggi. Hambatan yang paling tinggi berada pada aspek kognitif, yaitu kesulitan menyusun argumen atau pendapat secara kritis, dengan persentase sebesar 76,4%. Hal ini menunjukkan bahwa banyak peserta didik belum terbiasa berpikir kritis dan menyusun opini berdasarkan alasan yang logis dan objektif. Hambatan afektif juga muncul, seperti kurangnya rasa percaya diri dengan persentase (70,83%) dan rendahnya motivasi menulis dengan persentase (71,5%). Selain itu, hambatan sosial ditemukan dalam dinamika kerja kelompok, seperti kesulitan bekerja sama (62,5%), sementara hambatan teknis meliputi keterbatasan waktu (71,5%) dan kurangnya keterampilan mencari informasi pendukung (71,5%). Peserta didik juga mengalami kendala dalam membedakan fakta dan opini (72,91%), serta ketertarikan yang rendah terhadap topik yang diulas (71,5%). Sementara itu, hambatan yang tergolong sedang meliputi pemahaman konsep teks ulasan (48,6%) dan ketidakpahaman dalam memberikan penilaian objektif (55,5%). Hambatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik membutuhkan bimbingan intensif dan pendekatan pembelajaran yang lebih mendukung, seperti penerapan metode Project Based Learning yang dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menulis teks ulasan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode Project Based Learning pada keterampilan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII di MTs. Nurul Bahri Kabila Bone tahun Pelajaran 2024/2025. Meskipun demikian, dalam hasil angket menunjukkan bahwa peserta didik masih mengalami hambatan, terutama dalam menyusun argumen dan membedakan opini dengan fakta, sehingga diperlukan pendampingan lanjutan serta penyesuaian strategi agar proses pembelajaran lebih optimal dan berkelanjutan. Kata Kunci: pengaruh, pembelajaran, project based learning, teks ulasan, hambatan.