Kristina Tambunan, NIM 231419067, Skripsi upaya meningkatkan minat belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Gorontalo mata pelajaran ips terpadu melalui media pembelajaran berbasis komputer. Dengan Pembimbing (1) Dra. Resmiyati Yunus, M.Pd, dan Pembimbing (2) Tonny Iskandar Mondong, S.S., M.A. Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Di SMP Negeri 12 Gorontalo, Media pembelajaran yang digunakan guru IPS masih konvensional. Metode ceramah tidak memberi ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya sehingga hasil belajar IPS peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media pembelajaran Berbasis Komputetr merupakan salah satu media yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara peserta didik guna mencapai hasil yang maksimal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata hasil belajar IPS peserta didik mengalami peningkatan. Dapat dilihat pada Observasi awal hasil ketuntasan belajar siswa hanya terdapat 16 siswa (53%) yang mencapai nilai ketuntasan, kemudian setelah diterapkan Media Pembelajaran Berbasis komputer terjadi peningkatan hasil belajar pada setiap siklus yaitu pada siklus I pertemuan pertama presentase hasil ketuntasan siswa sebanyak 18 orang siswa (60%), dilanjutkan pada pertemuan kedua siklus I hasil ketuntasan siswa sebanyak 20 orang (67%) yang berhasil mencapai ketuntasan. Kemudian peningkatan hasil belajar siswa pada siklus Il dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIII sebanyak 30 orang, yang berhasil tuntas yaitu 25 siswa (83%) dengan sebanyak 5 orang siswa(17%) yang belum mencapai ketuntasan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Berbasis komputer pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo. Kata kunci:Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis komputer.