Defriyanto Sadu 2023. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MTs Al-Khairaat Buntulia. Pembimbing I Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd., Pembimbing II Ibu. Dr. Lilan Dama, M.Pd., Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di MTs Al-Khairaat Buntulia setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi (Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya). Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-eksperimental, menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sebelum perlakuan, terlebih dahulu sampel diberi Pretest dan pada akhir diberi Posttest. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VII IPA 1 MTs Al-Khairaat Buntulia dengan jumlah sebanyak 20 orang. Kelas ini diterapkaan pembelajaran menggunakan model PBL. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata Pretest pertemuan pertama 33?n pertemuan kedua 39%, sementara Posttest memperoleh nilai rata-rata pertemuan pertama 80?n pertemuan kedua 90%. Berdasarkan persentase ditemukan bahwa pengetahuan peserta didik meningkat Kata kunci : problem based learning (PBL), interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.