Olvin W. Talani. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Di Kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya yaitu “Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS. Dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 11 orang siswa. Hasil penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,8 kemudian siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan presentase 54,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu rata-rata hasil belajar siswa menjadi 83,18 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dengan presentase 91?n yang tidak tuntas 1 orang siswa dengan presentase 9,0%. Hasil pada siklus II sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada pembelajaran IPS hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Dungaliyo meningkat. Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Siswa.