IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) DI PUSKESMAS BERLIAN KECAMATAN PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO

GUSMAN GINOGA (241421125)
Skripsi
Pembimbing
Dr. YantiA eta. S.Pd. M.Si (0004077802)
Dr. Rusli Isa M.Si (00060766004)
Tanggal Upload
18-06-2023
Abstract

Ginoga Gusman. 241421125, 2022. Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kcsehatan Di Puskcsmas Berlian Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Program SI Administrasi Publik, Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Gorontalo dengan pembimbing I Dr. Yanti Aneta, S.Pd M.Si dan Pembimbing II Dr. Rusli Isa, M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (l) Bagaimanakah implementasi kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Di Puskesmas Berlian Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo; (2) Faktor-faktor apakah yang menentukan kcbcrhasilan kcbijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Di Puskcsmas Berlian Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo, dilihat dari aspek komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif, dimana sumber data diperoleh dari wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model intcraktif yang terdiri dari pengumpulan, reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mengenai proses implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Di Puskcsmas Bcrlian Kccamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo, sudah dilaksanakan sesuai dengan pedoman pemenuhan palayanan dasar dimana masih ada 9 (Sembilan) indikator SPM yang belum mencapai 1000 /0. Faktor- faktor yang menentukan keberhasilan implementasi kcbijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Di Puskesmas Berlian yakni komunikasi yang dibangun masih harus dioptimalkan, ketersediaan sumberdaya masih perlu ditingkatkan lagi, sedangkan faktor disposisi sudah menunjukkan komitmen yang tinggi dan dari segi birokrasi masih perlu dioptimalkan karena masih ada satu komponen yang belum terpcnuhi schingga mempengaruhi efektifitas tujuan implementasi kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang hendak dicapai. Kata Kunci : Impelemntasi Kebijakan, Standar Pelayanan Minimal (SPM