PENGARUH CELEBRITY ENDORSE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE SEDAAP (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PRODUK MIE SEDAAP DI KOTA GORONTALO)

NURAIN S UMAR (931420086)
Skripsi
Pembimbing
Dr. Tineke Wolok, S.T, M.M (0023057305)
Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si (0030017901)
Tanggal Upload
07-02-2025
Abstract

Nurain Salsabilah Umar, 2024. “Pengaruh Celebrity Endorse dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap (studi kasus pada konsumen produk mie sedaap di kota Gorontalo)” Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing satu Ibu Dr. Tineke Wolok, S.T, M.M., Pembimbing dua Bapak Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorse dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mie Sedaap di kota Gorontalo. Teknik pengambilan sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui angket kepada konsumen produk mie Sedaap di kota Gorontalo. Pengujian analisis menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Metode analisis data menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, celebrity endorse tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mie Sedaap, yang menunjukkan bahwa meskipun selebriti dapat menarik perhatian konsumen, faktor lain lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Brand image memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, mengindikasikan bahwa citra merek yang positif, yang terbentuk dari kualitas produk dan memainkan peran yang lebih besar dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Mie Sedaap. Sedangkan secara simultan, baik celebrity endorse maupun brand image berpengaruh. Gabungan antara citra merek yang positif dan pengaruh selebriti dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,097 %. Atau 9,7%. Sedangkan sebesar 0,903 atau 90,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Kata Kunci : Celebrity endorse, Brand Image, Keputusan Pembelian