Mozart Imanuel Wiro Soputan, 2018, Pembelajaran Rekorder Melalui Strategi Pembelajaran Empirik Pada Siswa Kelas VII Di SMP Kristen Maesa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Trubus Semiaji, S.Sn., M.Sn., dan Pembimbing 2 Dr. Mimy Astuty Pulukadang S.Pd., M.Sn. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu berkenaan dengan pembelajaran rekorder yakni peserta didik belum mampu bermain rekorder dengan baik dan benar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peserta didik dapat memainkan rekorder secara baik dan benar. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran empirik dalam proses belajar mengajar dan metode demonstrasi sebagai metode dalam proses latihan. Strategi pembelajaran empirik dibagi menjadi 4 tahapan yakni pengalaman nyata, observasi refleksi, konseptualisasi dan implementasi. Pelaksanaan strategi ini berorientasi pada proses pembelajaran bukan pada hasil, strategi pembelajaran empirik menggunakan bentuk sekuens induktif, berpusat pada siswa dan berorientasi pada aktifitas. Hasil penelitian yang dilakukan kepada peserta didik terdapat progres yang sangat signifikan. Peserta didik mampu memainkan alat musik secara individu dengan maksimal. Hasil evaluasi yang dilakukan peneliti kepada peserta didik, diketahui bahwa peserta didik mendapat nilai di atas ketuntasan yang telah ditetapkan, dan evaluasi memainkan rekorder peserta didik mendapatkan presentase nilai A. Kata Kunci : Pembelajaran, Rekorder, Strategi Pembelajaran Empirik