MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING DIKELAS V SDN 1 BULANGO SELATAN

WARDIMAN (151417030)
Skripsi
Pembimbing
Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd (0008036009)
Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd (0008036009)
Tanggal Upload
15-06-2023
Abstract

Wardiman 2022. Meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode Speed Reading di kelas VSDN 1 Bulango Selatan, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Penddikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd Dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Melalui Penerapan Metode Speed Reading. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pada observasi awal jumlah siswa 20 yang mampu berbicara berjumlah 8 siswa atau 40%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 20 siswa meningkat menjadi 11 siswa atau 55% sedangkan yang tidak mampu ada 9 siswa atau 45%. Pada pelaksanaan siklus II dari 20 siswa yang mampu terdapat18 siswa atau 90% sedangkan yang belum mampu ada 2 siswa atau 10%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode Speed Readingdapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SDN 1Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Membaca, Metode Speed Reading