Keberhasilan yang diperoleh layanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan berhubungan erat dengan kepuasan pasien. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi terapeutik yang terjalin antar pemberi pelayanan dengan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di poliklinik Rumah Sakit Pratama Lemito. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang datang berobat di poliklinik dengan jumlah 136 pasien. Hasil penelitian didapatkan: (1) komunikasi terapeutik perawat adalah baik yaitu sebanyak 101 responden (74%) sedangkan komunikasi terapeutik perawat kurang baik sebanyak 35 responden (26%). (2) responden memiliki tingkat kepuasan kategori puas sebanyak 110 responden (80%) sedangkan responden memiliki tingkat kepuasan kategori kurang puas sebanyak 26 responden (20%). (3) hasil dari spearmen rank didapatkan nilai dari pearson correlation adalah 0,39 dan nilai dari P – Value adalah 0,0001 (< dari 0,05) sehingga dapat ditarik kesimpulan H0 ditolak, terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Poliklinik Rumah Sakit Pratama Lemito dengan kekuatan hubungan yang cukup dan arah hubungan positif. Kesimpulan ada hubungan hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Poliklinik Rumah Sakit Pratama Lemito. Kata Kunci : Kepuasan, Komunikasi Terapeutik Daftar Pustaka : 42 (2017-2023)